Lokasi Dan Tiket Masuk Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang

Lokasi Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang – Bagi para generasi Old, tentunya tahu dong dengan kebun binatang tinjomoyo? Kebun binatang di kota Semarang ini berdiri sedari tahun 1985 dan ditutup pada 2007 lalu. Hal itu lantaran bonbin tersebut di relokasi ke daerah Mangkang. Semenjak dipindah, lokasinya jadi terbengkalai. Padahal lahan seluas 57 hektar tersebut menjadi hutan kota terbesar di Kota Semarang dan memiliki keanekaragaman hayati. Namun kini wajahnya telah berubah, hutankota tersebut jadi destinasi wisata baru bagi anak muda Semarang.

Dulu, kebun binatang tinjomoyo menjadi destinasi wisata favorit para warga kota Semarang. Didalamnya menyimpan berbagai fauna dan flora serta memiliki hutan yang rindang. Akan tetapi pada 2007 silam terjadi banjir besar yang membuat jembatan terputus. Oleh sebab itu Pemkot Semarang memutuskan untuk merelokasinya.

Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang

Tiket Masuk Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang

Kini bonbin tersebut memiliki sebutan baru yakni hutan wisata Tinjomoyo. Lokasinya kian ramai semenjak jembatan beton yang digunakan untuk akses masuk dibangun. Berbagai macam kegiatan outing kerap dilakukan.  Seiring dengan perkembangan dunia pariwisata, akhirnya pemkot semarang serius menggarapnya menjadi wisata yang instagramable. Salah satunya dengan membaut hammock area dan juga menambah wahana ayunan. Bahkan semenjak bulan maret 2018 lalu, diadakan pasar semarangan dimana transaksinya dilakukan secara digital.

Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang

Pasar semarangan tinjomoyo tersebut buka setiap akhir pekan dari jam 3 sore hingga jam 9 malam. Meski pembayaranya secara digital, namun suasana didalamnya tetap dibuat tradisional. Umumnya jenis dagangan yang dijajakan adalah berupa kuliner. Tak hanya panganan lokal saja lo, namun ada dari India, China, bahkan Arab.

Lokasi Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang

Sesuai namanya, hutan ini berada di Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Lokasinya berjarak sekitar 7 km jika dari tugu muda. Sementara itu untuk akses jalan menuju hutan wisata tinjomoyo ini cukup baik dan bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Namun sayangnya belum banyak petunjuk jalan menuju kesana. Jika kamu belum pernah kesana, silahkan melewati jalan karang rejo (samping gedung PLN Jatingaleh). Susuri jalan tersebut dan nantinya akan sampai di kampus Unika. Selanjutnya belok kiri melewati jalan yang menurun.

Lagi hits: Ayana Gedong Songo Bandungan

Tiket Masuk Hutan Wisata Tinjomoyo

Hutan wisata di Semarang ini adalah wisata yang murah meriah. Setiap pengunjung hanya akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 3000 ribu saja. Udah murah, lokasinya juga gak begitu jauh dari pusat kota kurang apalagi coba? Paling asik sih, datang pada akhir pekan karena bisa berburu kuliner di pasar semarangan tinjomoyo.

Demikian tadi info mengenai lokasi dan tiket masuk hutan wisata tinjomoyo semarang. Tempat ini bisa jadi alternatif bagi warga kota yang ingin menikmati suasana hutan tanpa harus menempuh jarak yang jauh. Dari sini kamu bisa lanjukan liburanmu ke watu gajah park

Add Comment